CARA SETTING OLI SAMPING NINJA 150 RR
Assalamualaikum.wr.wb...
pepatah mengatakan " tuntutlah ilmu sampai ke negri cina,berbagilah ilmu yang kamu punya"
hihihihihihih.....
ok,langsung saja di hari yang berbahagia ini saya akan membagi sedikit pengalaman ilmu tentang bagaimana caranya menyetel/mensetting oli samping pada mesin 2tak khususnya Ninja 150 rr.
mungkin bagi sebagian orang sudah banyak yang tau yaaaa,tentang bagaimana cara menyetel olsam/oli samping tersebut,,, namuun apa salahnnya kalau kita sedikit mereview kembali step by stepnya,, barangkali ada di antara kita yang masih kurang paham atau bahkan tidak sama sekali mengetahui bagaimana caranya..
pertama siapkan alat-alatnya yang di butuhkan adalah:
1. kunci T8
2. obeng +
3. kunci ring pass 10
LANGKAH PERTAMA
Buka penutup rantai yang sekaligus berfungsi sebagai cover penutup pompa oli samping, dengan cara mengendurkan 3 buah baut pengikat dengan menggunakan kunci T8
lepaskan dari kedudukannya.
LANGKAH KEDUA
Lepas 2 buah baut plat penutup pompa oli samping dengan menggunakan obeng + ,lalu lepaskan dari kedudukannya
LANGKAH KETIGA
Perhatikan gambar pertama di langkah ketiga,perhatikan kedua strip yang di lingkari,posisi tersebut dalam keadaan off/grip gas(trothel gas tidak di tarik).
selanjutnya putar grip gas full sampai mentok,tahan lalu perhatikan kedua strip tadi, apabila kedua strip tadi sejajar seperti di gambar kedua langkah ketiga, itu tanda'a stelan oli samping anda sesuai dengan standar pabrik,tidak terlalu boros dan tidak terlalu irit(aman)
dengan catatan mesin dan knalpot standar.
Perhatikan lagi gambar di atas,apabila posisi kedua strip tadi seperti gambar di atas(tidak sejajar berada di bawah) maka setelan oli samping anda lebih boros dari standar,dan sebaliknya apabila posisi strip berada di atasnya maka setelan oli samping terlalu irit,
setelan boros seperti ini dilakukan setelah mengaplikasi knalpot racing atau ada ubahan lain pada mesin yang mengakibatkan mesin membutuhkan pelumasan lebih sesuai kebutuhan mesin.
LANGKAH KEEMPAT
Apabila anda sudah memahami tentang posisi strip pada pompa oli,mana yang standar irit atau lebih boros,,, maka anda dapat memulai penyetelan dengan cara melepas terlebih dahulu karet penutup baut penyetel pada gambar di atas.
lalu kendurkan baut nomor 2 dengan menggunakan kunci ring pass 10,setelah itu setel kebutuhan oli samping dengan cara memutar baut penyetel no 1 searah putaran jam (irit) berlawanan arah putaran jam(boros)
untuk penyetelan dilakukan saat mesin dalam keadaan hidup,hasil penyetelan yang baik dan pas bisa di lihat dari asap yang keluar tentunya bila terlalu pekat setelan oli anda terlalu boros, dn sebaliknya...
jangan menyetel oli samping terlalu irit karna bisa mengakibatkan mesin cepat panas bahkan macet.
setelah semuanya selesai silahkan anda pasang kembali komponen demi komponen seperti semula,,
terimakasih demikian lah sedikit tips tentang bagaimana cara menyetel oli samping pada mesin 2 tak khususnya Ninja 150 rr...
wassalamualaikum.wr.wb,,,,
pepatah mengatakan " tuntutlah ilmu sampai ke negri cina,berbagilah ilmu yang kamu punya"
hihihihihihih.....
ok,langsung saja di hari yang berbahagia ini saya akan membagi sedikit pengalaman ilmu tentang bagaimana caranya menyetel/mensetting oli samping pada mesin 2tak khususnya Ninja 150 rr.
mungkin bagi sebagian orang sudah banyak yang tau yaaaa,tentang bagaimana cara menyetel olsam/oli samping tersebut,,, namuun apa salahnnya kalau kita sedikit mereview kembali step by stepnya,, barangkali ada di antara kita yang masih kurang paham atau bahkan tidak sama sekali mengetahui bagaimana caranya..
pertama siapkan alat-alatnya yang di butuhkan adalah:
1. kunci T8
2. obeng +
3. kunci ring pass 10
LANGKAH PERTAMA
Buka penutup rantai yang sekaligus berfungsi sebagai cover penutup pompa oli samping, dengan cara mengendurkan 3 buah baut pengikat dengan menggunakan kunci T8
lepaskan dari kedudukannya.
LANGKAH KEDUA
Lepas 2 buah baut plat penutup pompa oli samping dengan menggunakan obeng + ,lalu lepaskan dari kedudukannya
LANGKAH KETIGA
Perhatikan gambar pertama di langkah ketiga,perhatikan kedua strip yang di lingkari,posisi tersebut dalam keadaan off/grip gas(trothel gas tidak di tarik).
selanjutnya putar grip gas full sampai mentok,tahan lalu perhatikan kedua strip tadi, apabila kedua strip tadi sejajar seperti di gambar kedua langkah ketiga, itu tanda'a stelan oli samping anda sesuai dengan standar pabrik,tidak terlalu boros dan tidak terlalu irit(aman)
dengan catatan mesin dan knalpot standar.
Perhatikan lagi gambar di atas,apabila posisi kedua strip tadi seperti gambar di atas(tidak sejajar berada di bawah) maka setelan oli samping anda lebih boros dari standar,dan sebaliknya apabila posisi strip berada di atasnya maka setelan oli samping terlalu irit,
setelan boros seperti ini dilakukan setelah mengaplikasi knalpot racing atau ada ubahan lain pada mesin yang mengakibatkan mesin membutuhkan pelumasan lebih sesuai kebutuhan mesin.
LANGKAH KEEMPAT
Apabila anda sudah memahami tentang posisi strip pada pompa oli,mana yang standar irit atau lebih boros,,, maka anda dapat memulai penyetelan dengan cara melepas terlebih dahulu karet penutup baut penyetel pada gambar di atas.
lalu kendurkan baut nomor 2 dengan menggunakan kunci ring pass 10,setelah itu setel kebutuhan oli samping dengan cara memutar baut penyetel no 1 searah putaran jam (irit) berlawanan arah putaran jam(boros)
untuk penyetelan dilakukan saat mesin dalam keadaan hidup,hasil penyetelan yang baik dan pas bisa di lihat dari asap yang keluar tentunya bila terlalu pekat setelan oli anda terlalu boros, dn sebaliknya...
jangan menyetel oli samping terlalu irit karna bisa mengakibatkan mesin cepat panas bahkan macet.
setelah semuanya selesai silahkan anda pasang kembali komponen demi komponen seperti semula,,
terimakasih demikian lah sedikit tips tentang bagaimana cara menyetel oli samping pada mesin 2 tak khususnya Ninja 150 rr...
wassalamualaikum.wr.wb,,,,
Treimz atas artikelnya hehe
ReplyDeleteTreimz atas artikelnya hehe
ReplyDeleteMakasih info nya bermanfaat banget
ReplyDeleteThanks sob...
ReplyDeletemakasih mas bro
ReplyDeleteMakasih bro infonya..
ReplyDeletemantabz
terimakasih bro/sist udah mampir,semoga bermanfaat yaaaa
ReplyDeleteKeren informasinya om
ReplyDeleteGood.....thanks bro
ReplyDeletemantap bngt info nya boss.,.,
ReplyDeletesangat bermanfaat,
tks om info nya..
ReplyDeletesoo mau nanya.. ninja saya di bawa kencang sambil masukan operan gigi nya. kok sperti yentak2 pas kencang om.. ??...
makasih mas bro
ReplyDeleteMakasi gan ganteng wkwk
ReplyDeleteThanks sob
ReplyDeleteass,, gan mau nanya ni,, apa akibatnya jika motor sudah di ganti knal pot racing trus setelan olsamnya irit,.?
ReplyDeletekeren nih artikelnya
ReplyDeletemudah untuk difaham, thank to om Rizal..
ReplyDeletemakasih bos..mantap
ReplyDeletesngat membantu, singkat dan jelas trimakasi gan
ReplyDeletesngat membantu, singkat dan jelas trimakasi gan
ReplyDeleteGan mau tanya kalau oli sampaing ninja rr boros tapi udah d stel irit masih aja boros... Itu apanya yahh
ReplyDeleteIu pengaruh mesin sudah tidak normal. Bisa ring piston minta ganti
DeleteBerarti penyetelan boros olsam ini harus keadaan motor masih standar ya...
ReplyDeleteBagaimana kalau hendak matikan pompa oli samping ninja rr
ReplyDeleteBermanfaat trimz
ReplyDelete